Hantu-hantu Dalam Mitologi Jepang-3

22.Hanako



hanako adalah hantu penunggu toilet. jika di sekolah kamu memiliki 4 toilet, terutama toilet perempuan. coba kamu ketuk 3x sambil menyebut nama hanako. konon hanako akan menjawab dan membuka pintu kamar mandi, kamu nanti akan melihat sosok seorang gadis dgn rambt sebahu, memakai rok merah akan berdiri di depan toilet.

hanako sebenarnya adalah arwah penasaran yg bunuh diri karena di kucilkan oleh teman2 sekelasnya.
ada juga versi lainnya yaitu, dikatakan bahwa hanako saat itu sedang bermain petak umpet di sekolah, dia lalu bersembunyi di toilet. saat itu tiba2 ada pesawat tempur membom sekolah, saat hanako sedang bersembunyi.
hanako ingin membuka pintu toilet tapi tidak bisa karena tertimbun runtuhan bekas bom itu. akhirnya hanako terbakar bersama bagunan sekolah itu tanpa sisa.

23.Onryou

Onryo
Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut :
1.Rambut panjang terurai.
2.Memakai kimono putih.
3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.


24.Goryo

Goryo: adalah roh gentayangan yang juga mempunyai rasa dendam. Pada saat masih hidup mereka adalah orang-orang yang terpandang, kaya raya, atau mempunyai jabatan tinggi.


25.Ubume

Ubume
Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, Ubume adalah sosok hantu ibu yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) sehingga meninggalkan anak yang masih bayi dan hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Apabila di Indonesia hantu ini sejenis dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang berbeda.


26.Funayurei

Funayurei
Funa Yuurei adalah hantu yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.

27.Basa
n
波山 (ばさん)
Giant Chicken
nama lain: Bazan, Basabasa, Inu-hō-ō





Berkokok di puncak gunung di sekitar perfektur ehime,di siang hari monster berbentuk unggas ini bersembunyi diantara hutan bamboo tetapi pada malam hari ia keluar dan berkeliling di sekitar perkampungan penduduk, bersuara aneh seperti “basabasabasa” berisik sehingga menimbulkan rasa penasaran orang untuk menengok keluar jendela, dan mereka tak akan melihat apa apa diluar sana. BASAN disecritakan juga bisa menyemburkan nafas api tetapi belum diketahui apakah mahluk ini berbahaya bagi manusia.

28.Daidara-bocchi
ダイダラボッチ

Giant
Nama lain: Daidara-bō






Di daseluruh jepang, bersemayam sebuah legenda tentang raksasa bernama DAIDARA BOCCHI, sesosok mahluk yang memiliki ukuran tubuh serta kekuatan yang luar biasa besar tetapi memiliki selera humor yang tinggi. Katanya, jejak kakinya telah menciptakan beberapa jurang, danau serta kolam dijepang, kekuatannya diceritakan adalah penyebab dari berpindahnya gunung gunung dan beberapa sungai dijepang. Menurut legenda, DAIDARA BOCCHI memiliki berat yang sama dengan gabungan berat gunung fuji dan gunung Tsukuba, suatu ketika, monster ini jatuh terpeleset menimpa gunung tersebut dan membelahnya menjadi 2.

29.Dorotabou

Mud Spirit



Pengucapan: doh-roh-tah-boh
Area yang ditinggali: sawah
Kekuatan khusus: Membuat lumpur, berubah wujud, ilusi
Tingkat Bahaya: tidak diketahui
Kesukaan: bertani, area persawahan
Dibenci: orang yg rakus, orang yang mengambil bukan miliknya. 


Profil

Dibawah indahnya suasana daerah persawahan, bersemayamlah Dorotabou. . biasanya mahluk ini muncul diantara rimbunnya batang padi, dia muncul kepermukaan dari kepala sampai pinggang, tubuhnya terbuat dari lumpur dengan sebelah mata yang buta, berwujud seperti orang tua botak yang galak. Mahluk ini sebenarnya tidak berbahaya, tetapi wujudnya cukup menakutkan, biasanya, orang akan langsung jatuh sakit karena sangat ketakutan melihat wujudnya.

Ada beragam versi cerita tentang dorotabou, tetapi ada satu cerita yang diyakini sebagai cerita asli tentang dorotabou, Pada jaman dulu, di daerah barat Tokyo, seorang petani yang miskin tetapi memiliki sifat pekerja keras, berusaha selangkah demi selangkah untuk membuat tanahnya yang gersang menjadi sebuah sawah yang produktif sehingga menjadi sumber penghidupan bagi keluarganya. Tetapi akhirnya petani tersebut jatuh sakit dan meninggal,



anaknya yang pemalas , menghabiskan waktunya hanya untuk mabuk dan tidak mengurusi sawah peninggalan ayahnya yang sangat subur itu. Akhirnya seluruh harta peninggalan sang petani djual kepada pemilik baru. Tetapi roh petani tersebut tidak bisa beristitahat dengan tenang melihat pertaniannya hancur dan sawahnya tidak bias menghasilkan apapun, akhirnya pada suatu malam, mahluk ini muncul dari bawah lumpur, menangis meminta agar tanahnya dikembalikan. Setiap malam bulan purnama, suara petani tersebut bisa terdengar dari kejauhan, meminta agar seluruh kekayaannya dikembalikan.

30.Betobeto-san
べとべとさん

Footsteps



Jika di suatu malam anda berjalan dan mendengar langkah kaki mengikuti anda, lalu dengan rasa takut anda mencoba mnengok kebelakang dan tidak ada apa2 disana, berarti anda telah bertemu dengan hantu yang dikenal di perfektur NARA dengan nama BETOBETOSAN. Dikatakan jika anda berdiri di sisi jalan dan berkata “betobeto san silahkan duluan” maka suara langkah kaki itu akan berhenti dan anda bias melanjutkan perjalanan dengan tenang.

31.Dosojin
Friendly Gods of the Road

Spoiler for dosojin:


Pengucapan: doh-soh-jeen
Area yang ditinggali: kuil kuil di tepi jalan, shelter, penyeberangan jalan
Kekuatan khusus: perlindungan
Tingkat Bahaya: menguntungkan
Kesukaan: membantu para pelancong
Dibenci: membahayakan pelancong
 
Profil

Sering terlihat diberbagai tempat, Dosojin yang aneh tetapi menakjubkan, mahluk yang tidak dikenal di luar jepang. Mereka sangat lucu dan menggemaskan, dan wujud mereka tidak akan pernah hilang dari ingatan siapapun yang pernah melihatnya, tetapi disisi lain, banyak juga yang tidak mengenal mengenal mahluk ini.

Wujudnya mirip dengan tanaman, tapi ada juga yang berwujud rambu rambu atau street furniture, biasanya pada tempat tempat seperti halte atau shelter di jepang, diletakan patung Dosojin, memang, membuat orang yang didalamnya merasa kurang nyaman, tetapi, dengan ditemani patung dosojin, mereka merasa lebih aman dan terlindungi.

Spoiler for dosojin:
[


Dosojin dipercaya dapat memeberikan berkah kepada para pelancong agar memperoleh keselamatan dijalan, khususnya pada penyeberangan jalan, atau yang menuju tempat tempat suci diseluruh dunia, Dosojin akan melindungi para pelancong dari segala kekuatan jahat. Jadi, Dosojin tidak hanya dicintai dan mengagumkan, tetapi mereka juga baiki hati.
Jika suatu saat anda berkunjung kejepang dan berjalan jalan, lalu menemukan sebuah kuil yang dipenuhi oleh patung Dosojin, berhenti dan sapa dia, siapa tahu, anda akan memperoleh berkat darinya setiap kali anda pergi.



Kemunculan di Media

- OVA Hanappe Bazooka - Dosojin muncul dalam sebuah video yang disewa oleh Hanappe.
- Doubutsu no Mori/Animal Crossing (Gamecube) – Banyak benda di game ini yang menyerupai dosojin, mereka menjalankan berbagai tugas, dari menyimpan item sampai save game.
- Final Fantasy series (various systems) - Sabotender/Cactaur – mahluk ini mirip kaktus, tapi juga mirip dosojin.
- Goemon series (various systems) – sesekali dosojin muncul di Game ini.

Spoiler for dosojin:


Dosojin selalu meninggalkan kenangan mendalam ketika anda berhasil menjumpainya, anda juga termasuk kategori orang yang beruntung jika bisa melihatnya secara langsung, pikirkan tentang mereka hari ini, siapa tahu anda akan bertemu mereka besok.

32.Futakuchi-Onna
Two-Mouth Woman

Spoiler for futakuchi:


Pengucapan: fuh-tah-kuh-chee-own-nah
Area yang ditinggali: Dimanapun
Kekuatan khusus: Mulut Extra, Rambut yang hidup
Tingkat Bahaya: Tidak berbahaya
Kesukaan: Makan, Makanan
Dibenci: Makanan yang tidak enak
 
Profil

Sepanjang sejarah, diberbagai kebudayaan, banyak orang yang terpaksa diet atau mengubah pola makannya, dalam hal ini terutama wanita lah yangs sering melakukannya. Menyiksa tubuh dengan membiarkannya kelaparan, menghindari makanan makanan yang mereka suka demi mendapatkan berat badan yang ideal. Ironisnya, ada beberapa wanita yang mencoba menahan nafsu makanannya tetapi tidak menuai hasil.


Konon, wanita yang terlalu memaksakan dirinya untuk diet, akan mengeluarkan mulut kedua yang berada di belakang kepala mereka dan tumbuh secara supranatural, mulut tersebut akan memuaskan kebutuhan badan akan makanan dengan rambut yang bergerak seperti kedua tangan untuk mengambil makanan dan memasukannya kedalam mulut kedua tersebut tanpa wanita itu sadari. Keuntunganya adalah, wanita yang telah diet sampai kelaparan tersebut akan menyerap energi dan manfaat makanan yang dimakan melalui mulut keduanya tanpa ada efek samping dari makanan yang telah dimakan itu, walaupun mulut keduanya telah makan berkilo kilo makanan.
Biasanya, wanita yang ditumbuhi mulut ghaib semacam itu akan merasa malu dan berusaha menutupinya, tetapi disamping itu, mereka merasa senang akan manfaat mulut ghaib yang berada di belakang mereka.

Spoiler for futakuchi:


Tetapi, mulut semacam ini tidaklah mudah untuk dikontrol, wanita yang meneruskan kebiasaan dietnya walaupun telah tumbuh mulut kedua, akan mendapati mulut keduanya bergerak dan mancari makanan sendiri walalupun ketika berada di tempat ramai, dan tentunya, hal ini akan terlihat cukup menakutkan. Yang paling parah adalah, ketika wanita tersebut tertekan akan keberadaan mulut keduanya, Maka ia akan terus menerus makan dari kedua mulutnya.

Ada alasaan lain juga kenapa mulut ghaib bisa muncul, yaitu adanya perjanjian terkutuk dengan iblis untuk bisa mempercantik tubuh wanita, mulut ghaib ini akan berfungsi sebagai sebuah piranti menguntungkan bagi wanita, kadang mulut ghaib yang muncul secara tiba tiba akan menghilang juga secara tiba tiba, tetapi ada juga yang menjadi permanen, sehingga mengubah pemiliknya menjadi siluman, the two-mouth woman.

Spoiler for futakuchi:


versi lain mengatakan bahwa futakuchi ona tadinya adalah seorang perempuan yang membiarkan anak tirinya kelaparan,. roh anak tirinya tsb masuk kedalam dirinya dan membentuk mulut kedua dibelakang kepala wanita tsb,.. sedanngkan versi lainnya,.. fitakuchi ona adalah istri seorang tukang kayu yang terkena kapak suaminya dan luka tsb tidak bisa disembuhkan.... kerugian memiliki mulut kedua ini ,.. jika mulut keduanya tidak mendapatkan makanan,.. maka mulut ini akan meneriakan kata kata kotor,.. sumpah serapah dsb sehingga membuat pemiliknya merasakan pusing yang luar biasa....

Spoiler for futakuchi:


Kemunculan dimedia
- Manga/TV anime Jigoku Sensei Nube - pada film dan manga ini Futakuchi-onna pernah muncul.
- Gekka no Kenshi/Last Blade (various systems) - Akari, seorang onmyouji muda,menggunakan berragam variasi serangan dengan bantuan para siluman, salah satu serangan khususnya adalah mensumon ribuan siluman dan salah satu siluman tersebut adalah Futakuchi-onna.


Satu hal lagi, sebuah emosi dan ambisi yang mendalam, akan membuat seseorang berubah menjadi siluman. Kadangkala mereka bisa menemukan jalan kembali menjadi manusia, tetapi itu jarang terjadi. Kadangkala manusia lebih suka wujud mengerikan dengan kekuatan khusus daripada menjadi manusia biasa. Rekomendasi untuk anda, lebih baik selalu makan teratur dan sehat daripada kelaparan lalu muncul sebuah mulut tambahan di belakang kepala anda.

33.Hainu
羽犬 (はいぬ)
Winged Dog

Spoiler for hainu:


anjing bersayap ini sangat terkenal di kota chikugo perfektur fukuoka, dan konon kabarnya, anjing ini dikubur dibawah batu monumen dekat stasiun hainutsuka (winged dog mound). 2 cerita berbeda mewarnai kisah hantu ini.


menurut salah satu versi cerita, yang tertulis dalam Chikugo Kokorogashi pada tahun 1777, anjing bersayap ini adalah mahluk yang sangat berbahaya yang kerap memangsa manusia. ketika Toyotomi Hideyoshi berkemah di Kyusu untuk mencari daerah jajahan, dia bertarung dengan hewan ini dan memenangkan pertarungan.


menurut cerita yang kedua, anjing ini adalah hewan kesayangan Hideyoshi yang tewas tepat dimana batu monumen hainutsuka berada, untuk versi kedua ini ada banyak sekali refrensi sejarahnya., dan ada kemungkinan bahwa anjing bersayap hanya imaginasi orang orang pada waktu itu,.. bisa saja sebenarnya hanya anjing peliharaan biasa...

City of Chikugo: Hainu Densetsu and Hainu Densetsu to Hainu no Tsuka

Spoiler for kota chikugo:
34.KUCHISAKE ONNA




Wanita berrmulut sobek adalah urban legend terkenal Japan. Nama Kuchisake Onna pertamax disebut saat ia menampakkan diri pada summer dan spring tahun 1979. Berbeda dengan hantu lain, ia justru muncul saat matahari masih bersinar, khususnya saat sore anak" pulang skul. Kisah ini dilatar belakangi banyak versi, salah satu nya :

Pada saat periode Heian, hidup wanita muda yg berparas cantik. Ia adalah istri dari seorang samurai. Karena kecantikkannya, banyak pria yg suka sama dia dan diam" selingkuh. Mengetahui hal itu, suami menyiksa hingga menyobek mulutnya sambil berkata "Nah, sekarang siapa yg akan berpikir kalau kamu cantik?". Arwahnya tidak tenang dan kemudian bawa dendam.

CARA MENYERANG

Memakai masker sangat wajar di Japan bila saat winter atau flu. Oleh karena itu, Kuchisake Onna dengan mudah menyusup di keramaian. Saat bertemu korban, ia akan melontarkan pertanyaan, "Watashi kirei?" (Apakah aku cantik?). Jika sang korban bilang "YA", maka Kuchisake Onna akan membuka maskernya dan nanya balik "walaupun wajahku seperti ini?". Jika korban panik, maka ia langsung bunuh. Begitu pula jika juragan jawab "TIDAK", ia akan marah dan melayangkan belatinya.

PERLINDUNGAN

Jika bertemu KUchisake Onna, janganlah panik (Klo bisa). Konon kecepatan larinya nyampe 100 yard/ 3 detik. Cara terbaik untuk kabur dari Kuchisake Onna adalah dengan jawab, "hmm, lumayan." atau tanya balik dengan pertanyaan sama sebelum jawab pertanyaan darinya. Saat Kuchisake Onna berpikir, segera pergi menjauh.
Alternatif lain, berikan ia permen Bekko Ame, atau gunakan pomade. Konon, aroma itu mengingatkan ia akan dokter bedah kosmetik yg melakukan mal praktek padanya, karena dokter itu mengenakan pomade(minyak rambut)yg tebal di rambutnya.

DATA
- Jenis kelamin : Wanita

- T/B : Selayaknya wanita biasa

- Ciri : Rambut panjang, makai masker bedah, taring di
mulutnya dekat dengan kuping, jumlah gigi 130.

- Kelemahan : Aroma pomade rambut.

- Penangkal : Bekko Ame

- Habitat : Perkotaan dan komplek Japan.

2 komentar:

Baskara dan Arifin mengatakan...

pin arti pomade itu minyak rambut

Baskara dan Arifin mengatakan...

thak you so much!

Posting Komentar